Jakarta, CNBC Indoesia - Raffi Ahmad tengah diterpa isu pencucian uang. Dugaan ini digaungkan oleh Hanifa Sutrisna yang merupakan Ketua Umum DPP National Corruption Watch (NCW) dalam siaran di akun TikTok @nasionalcorruption.
Suami dari Nagita Slavina itu dituduh melakukan pencucian uang dengan nominal sangat fantastis karena mencapai ratusan miliar rupiah.
"Diduga ada ratusan rekening yang dimiliki oleh saudara Raffi Ahmad dan merupakan kantong semar untuk mengelola uang-uang haram," lanjutnya mengenai tudingan itu.
Merespons hal tersebut, Raffi Ahmad secara tegas membantah soal tudingan pencucian uang.
"Jelas saya katakan tidak benar adanya," ujar Raffi Ahmad saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan, dikutip dari Detikcom, Senin (5/2/2024).
Adapun Raffi memang sudah lama dikenal sebagai artif yang bergelimang harta. Dia bahkan dijuluki sebagai "Sultan Andara". Titel ini dia peroleh lantaran dia dan keluarga menempati rumah bak istana di Kompleks Andara, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
Akan tetapi berdasarkan daftar 50 taipan terkaya Indonesia yang baru saja dirilis Forbes pada 2023 lalu, nama Raffi Ahmad tidak ada. Urutan paling bontot dalam daftar tersebut dihuni oleh Sabana Prawirawidjaja dan keluarga yang memiliki kekayaan US$ 940 juta atau setara Rp 14,75 triliun.
Namun perlu dicatat kebanyakan penghuni daftar tersebut adalah konglomerat yang memiliki perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia. Dengan demikian kekayaan para taipan tersebut dapat dengan mudah diukur.
Sementara itu, Raffi belum memiliki perusahaan yang tercatat di Bursa. Namun belum lama ini dia mengatakan bahwa memiliki rencana untuk membawa perusahaan yang dimiliki, RANS untuk menawarkan saham perdana atau IPO.
Meskipun sulit dipastikan secara rinci berapa total kekayaan yang dimiliki oleh Raffi dan istrinya, Nagita Slavina, harta kekayaan mereka setidaknya dapat terlihat dari sumber pendapatan dan beragam aset yang dimiliki.
Raffi memiliki beberapa sumber pendapatan utama di antaranya adalah konten YouTube, acara televisi, menjadi duta merek (brand ambassador) hingga iklan dan endorsement dari akun Instagram.
Konten YouTube
Kanal atau channel Youtube RANS Entertainment memiliki 26 juta subscriber. RANS Entertainment tercatat memiliki 4.031 video yang secara total telah ditonton 6,7 miliar kali.
Tentu jumlah tayangan dan pengikut atau subscriber berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh dari YouTube. Selipan iklan secara otomatis dilekatkan apabila konten sesuai dengan aturan yang disyaratkan. Selain itu, YouTuber seperti Raffi juga dapat memperoleh pemasukan lain dari konten sponsor dengan merek atau perusahaan tertentu secara langsung di luar iklan.
Perusahaan yang melacak statistik dan analitik media sosial, Social Blade, memperkirakan, pendapatan tahunan RANS dari iklan berada di kisaran US$577,8 ribu hingga US$9,72 juta. Ini setara sekitar Rp8,29 miliar hingga Rp132,02 miliar.
Sebagai informasi, Social Blade menggunakan asumsi bahwa pendapatan per seribu tayangan (cost per thousand views/CPM) berada di angka US$0,25-US$4.
Acara Televisi
Meskipun saat ini Raffi terlihat semakin gencar melakukan ekspansi, khususnya YouTube, sebelumnya Raffi memulai karier sebagai artis yang kerap muncul di beragam acara televisi lintas stasiun TV. Hingga saat ini dia masih mempertahankan pekerjaan utamanya yang wara-wiri di layar kaya.
Dengan frekuensi yang tinggi, pendapatan dari acara televisi tidak bisa dipandang sebelah mata. Raffi tidak pernah secara pribadi mengungkapkan total pendapatan dari acara TV, akan tetapi dalam wawancara dengan Roben Onsu dalam acara Podcast miliknya, Ruben menyebut pendapatan Raffi satu episode mencapai Rp 150 juta. Meskipun Raffi membalas dengan menyangkal klaim tersebut.
Duta Merek
Kesepakatan bisnis untuk menjadi duta merek tertentu memang nilainya susah ditaksir, apa lagi dengan kompleksnya perjanjian antara kedua bellah pihak.
Satu hal yang mungkin bisa dipastikan adalah, semakin besar perusahaan yang diwakilkan maka semakin besar pundi-pundi yang dapat diperoleh.
Saat ini diketahui Raffi menjadi duta dari perusahaan pengiriman SiCepat Ekspres dan salah satu produk kecantikan yang berhasil memampangkan muka pesohor Indonesia di salah satu papan iklan di Time Square, New York.
Penghasilan Instagram
Penghasilan dari Instagram merupakan salah satu yang paling sulit ditaksir, mengingat perjanjian antara pihak pengiklan dan pemilik akun yang akan memberikan endorsement dapat berbeda-beda antara tiap klien.
Meski demikian salah satu website, id.noxinfluencer.com, memperkirakan akun Raffi yang memiliki engagement atau tingkat keterlibatan 0,3% dapat meraup Rp 100 juta untuk setiap postingan.
Aset
Selain pendapatan dari berbagai sumber tersebut, Raffi juga memiliki beberapa aset signifikan. Di luar koleksi jam mobil dan barang mewah lainnya, dua aset utama yang dimiliki adalah rumah produksi dan klub sepak bola.
RANS Entertainment, milik Raffi dan Nagita yang baru berumur lima tahun tersebut, saat ini telah memiliki valuasi Rp 3 triliun. Valuasi tersebut naik lebih dari 100% dalam kurun waktu sekitar satu tahun.
Sebelumnya valuasi RANS ditaksir sempat mencapai Rp 1,46 triliun ketika anak perusahaan Grup Emtek menyuntikkan modal untuk penerbitan saham baru perusahaan.
Awal Desember 2021, emiten pengelola stasiun televisi swasta Tanah Air, Surya Media Citra (SCMA), lewat anak usahanya diketahui menyuntikkan dana secara bertahap hingga Rp 248 miliar. Dana tersebut ditukar dengan kepemilikan 17% saham RANS.
Dalam paparannya kepada investor Juni 2022 lalu, SCMA menyebut RANS memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di lintas sektor termasuk grup media, ritel, FMCG, grup olahraga dan grup wisata. Kala itu, SCMA juga menyebut terdapat 122 juta followers di seluruh ekosistem RANS atau setara dengan 40% populasi Indonesia.
Selain itu Raffi dan pengusaha Indonesia lainnya Rudy Salim telah mengakuisisi klub sepak bola Cilegon United FC. Klub yang kemudian namanya diganti menjadi RANS Cilegon FC.