
Palangka Raya, Beritasatu.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU di Kota Palangka Raya untuk memastikan kualitas pelayanan kepada masyarakat tetap terjaga sesuai standar.
Tim gabungan yang dipimpin langsung oleh Executive General Manager (EGM) PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan turun ke lapangan untuk mengecek tiga SPBU strategis. Lokasi yang dikunjungi meliputi SPBU 6473114 di Jalan Cilik Riwut, SPBU 6473108 di Jalan Imam Bonjol, dan SPBU 6373104 di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo.
Dalam pemantauan tersebut, tim memeriksa berbagai aspek operasional mulai dari kualitas warna bahan bakar, ketersediaan botol sampel harian, hingga sertifikat tera resmi. Tak hanya itu, pengaturan antrean kendaraan dan kinerja operator lapangan juga menjadi perhatian khusus.
“Alhamdulillah, dari SPBU yang kami kunjungi, proses pelayanan dan persiapan layanan telah dilaksanakan sesuai standar Pertamina,” ujar Isfahani, EGM PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Senin (20/10/2025).
Isfahani menambahkan, kegiatan ini bertujuan memastikan standar pelayanan BBM dan LPG kepada konsumen sesuai rencana perusahaan. “Kami berterima kasih atas dukungan mitra yang telah mempersiapkan pelayanan dengan baik. Kami berharap ini juga diterapkan di SPBU lain demi kenyamanan pelanggan,” katanya.
Dari hasil pemantauan, sejumlah aspek pelayanan dinilai sudah berjalan baik. Para operator telah menerapkan budaya 3S yaitu Senyum, Sapa, dan Salam kepada pelanggan. Prosedur pengisian bahan bakar juga dilakukan secara aman dan transparan
Fasilitas pendukung seperti layanan fast track untuk mempercepat transaksi, kebersihan toilet dan musala, serta materi promosi edukasi juga sudah tersedia dengan baik.
Di bidang digital, ketiga SPBU tersebut telah menyediakan pembayaran nontunai melalui aplikasi MyPertamina dan mesin EDC bank, termasuk QRIS. Meski demikian, beberapa pompa masih dalam tahap optimalisasi untuk transaksi digital.
Pengelolaan fasilitas pendukung lain seperti gudang outlet LPG dan NFR juga terus dipantau agar selalu dalam kondisi prima. Tak ketinggalan, profesionalisme petugas diperkuat dengan penggunaan seragam resmi lengkap dengan name tag.
Kegiatan pemantauan rutin ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan semangat perusahaan Energizing Your Journey dalam mendukung transformasi digital dan penguatan standar pelayanan.
No comments:
Post a Comment