Friday, November 17, 2023

Maybank Rekomendasikan Saham GOTO, Cek Target Harganya

 Sejumlah pengemudi Gojek bersiap untuk mengendarai motor listrik usai peresmian shelter motor listrik G20 di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua, Bali, Rabu (19/10/2022). Sebanyak 50 motor listrik dengan merek Gesits dan Gogoro disediakan Electrum untuk armada ojek online (ojol) Gojek dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang di Nusa Dua, Bali. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: Sejumlah pengemudi Gojek bersiap untuk mengendarai motor listrik usai peresmian shelter motor listrik G20 di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua, Bali, Rabu (19/10/2022). Sebanyak 50 motor listrik dengan merek Gesits dan Gogoro disediakan Electrum untuk armada ojek online (ojol) Gojek dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang di Nusa Dua, Bali. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Maybank Sekuritas Indonesia memasukkan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai salah satu saham pilihan dalam jangka panjang. Rekomendasi ini seiring dengan komitmen perusahaan terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola atau ESG (environmental, social, governance).

Dalam riset terbaru 15 November, Maybank memberikan rekomendasi beli dengan target harga (target price/TP) Rp 110/saham dalam 12 bulan ke depan. Level ini naik 36% dari harga saham GOTO pada penutupan perdagangan 14 November 2023 di Rp 81. Target harga ini pun sama dengan target dalam riset sebelumnya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), dalam sepekan terakhir perdagangan, saham GOTO melejit 14,67% di Rp 86/saham per 16 November. Sementara dalam satu bulan saham, induk usaha Gojek, Tokopedia, GoTo Financial (GTF), dan GoTo Logistics melesat 34% dengan kapitalisasi pasar (market cap) Rp 103 triliun, atau kembali ke posisi saham big cap.

Analis riset Maybank Sekuritas, Etta Rusdiana Putra, mengatakan total skor ESG GOTO mencapai 58, di atas skor rata-rata standar Maybank Investment Bank Group (MIBG)-ESG Sustainability Research, yakni 50.

Skor ini diperoleh dari tiga perhitungan yakni kuantitas (bobot penilaian 50%) skornya 33, kualitas (bobot 25%) skornya 67, dan parameter target (bobot 25%) skornya 100.

Riset Maybank Sekuritas Indonesia (Dok Goto)Foto: Riset Maybank Sekuritas Indonesia

 

Menurut Etta, GOTO mencatat kenaikan emisi dalam Scope 1, 2, dan 3 dalam parameter penilaian kuantitas. Meski demikian GOTO memiliki komitmen menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan, melalui tiga nol (three zero) yakni nol emisi, nol sampah, dan nol hambatan yang terimplementasi hingga 2030.

"Kami mempertahankan rekomendasi beli dengan target harga Rp 110 berdasarkan valuasi SOTP [sum-of-the-parts] yang diperoleh dari penilaian EV/sales. Target harga kami menyiratkan 1 kali P/BV [price to book value] estimasi full year 2025," tulis Etta, dalam riset terbaru, dikutip Jumat (17/11/2023).

SOTP merupakan proses menghitung valuasi emiten di Bursa dengan menentukan seberapa nilai agregat divisinya.

Beberapa penilaian dalam kategori kuantitas yakni intensitas penurunan emisi, konsumsi energi, berapa persen kendaraan rendah karbon, pengelolaan sampah, persentase pekerja perempuan di perusahaan dan manajemen. Selain itu penilaian juga dari sisi jumlah merchant UMKM, kepuasan pelanggan, dan komitmen privasi serta data pelanggan.

Riset Maybank Sekuritas Indonesia (Dok Goto)Foto: Riset Maybank Sekuritas Indonesia

Untuk kualitatif, beberapa penilaian di antaranya tersedianya komite ESG, adanya gugus tugas ESG dan perubahan iklim, mekanisme pencatatan emisi, strategi utama mitigasi karbon, dan pengelolaan limbah.

Menurut Etta, skor kualitatif GOTO sebesar 67 mencerminkan kebijakan ESG yang baik, dengan membentuk fungsi keberlanjutan di bawah Direktur Unit Bisnis, mulai dari Bisnis On-Demand Services (Gojek), E-Commerce (Tokopedia), dan Fintech (GTF).

GOTO juga dinilai mampu menerapkan strategi ESG yang baik, seperti meluncurkan kendaraan listrik roda dua untuk mendukung target nol emisi pada 2030, menggunakan karton bekas di gudang, dan menawarkan program literasi keuangan kepada para pengemudinya. GOTO juga sudah mulai menggunakan motor listrik untuk mencapai target nol emisinya.

"GOTO adalah perusahaan teknologi paling terintegrasi di Indonesia. Driver GOTO memakai kendaraan dengan ICE/internal combustion engine [mesin pembakaran dalam]. Beralih ke kendaraan listrik akan menaikkan skor ESG GOTO. Perusahaan juga sudah memperkenalkan motor listrik," tulis Etta.

Sementara itu, skor GOTO untuk kategori kualitatif ini sebesar 33, karena beberapa alasan. Pertama, peningkatan emisi di Scope 1 dan Scope 2 seiring dengan peningkatan operasional pasca-Covid-19. Kedua, ruang untuk peningkatan standar keselamatan karyawan (potensi cedera terkait pekerjaan yang lebih tinggi. Ketiga, kompensasi manajemen kunci yang lebih tinggi terkait dengan GTV.

Namun dalam pandangan Maybank, tulis Etta, GOTO telah menetapkan target yang baik untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan karena mencatatkan skor keseluruhan sebesar 58, berdasarkan MIBG-ESG. "Kami yakin GOTO dapat lebih meningkatkan skornya dengan meningkatkan pengungkapannya dan terus menerapkan strategi ESG yang telah diadopsi. Kami mempertahankan rekomendasi beli saham GOTO."

Thursday, November 16, 2023

Kisah 'Kelam' Prajogo Pangestu Sebelum Jadi Orang Terkaya RI

 Prajogo Pangestu. (Dok: Forbes) Foto: Prajogo Pangestu. (Dok: Forbes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu konglomerat yang meniti karir dari bawah, Prajogo Pangestu sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dari jerih payahnya sendiri hingga masuk sebagai jajaran orang terkaya di dunia.

Padahal, putra seorang pedagang karet ini, hanya bisa mengenyam pendidikan tingkat menengah pertama karena keterbatasan ekonomi keluarganya.

Di Kalimantan Prajogo mendapat pekerjaan sebagai sopir angkutan umum jurusan Singkawang-Pontianak. Ia juga membuka usaha kecil-kecilan dengan menjual bumbu dapur dan ikan asin.

Di sela-sela pekerjaan itu, Prajogo bertemu dengan seorang pengusaha kayu asal Malaysia, bernama Burhan Uray. Dari pertemuan itu, pada 1969 Prajogo lantas memutuskan bergabung di perusahaan milik Burhan, yakni PT Djajanti Grup.

Lantaran etos kerja yang tinggi, Prajogo pun berhasil mendapatkan jabatan General Manager Pabrik Plywood Nusantara setelah tujuh tahun mengabdi pada grup yang menaunginya tersebut.

Hanya setahun saja Prajogo menjabat sebagai GM Djajanti Group. Ia putuskan resign dan membeli sebuah perusahaan yang sedang krisis finansial. Nama perusahaan tersebut adalah CV Pacific Lumber Coy.

Prajogo meminjam sejumlah dana pada sebuah bank untuk membeli perusahaan kayu ini. Hebatnya, ia dapat mengembalikan pinjaman tersebut hanya dalam kurun waktu satu tahun. Perusahaan inilah yang kemudian berubah nama menjadi PT Barito Pacific. Pada masa orde baru, perusahaan ini maju pesat menjadi perusahaan kayu terbesar di Indonesia.

Namun kesuksesan ini tidak menghentikan langkah Prajogo untuk terus berkembang. Selanjutnya, ia melakukan ekspansi bisnis dengan mendirikan PT Chandra Asri Petrichemical Center dan PT Tri Polyta Indonesia Tbk.

Perusahaannya Barito Pacific Timber telah melakukan go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada 2007.

Pada 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di BEI. Pada 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil mengakuisisi 15% saham Chandra Asri pada Juli 2021.

Pada 2023, Prajogo juga telah membawa dua perusahaannya, CUAN dan BREN, melantai di bursa RI.

Wednesday, November 15, 2023

BI Ungkap Rahasia Rupiah Bikin Dolar AS Kini Bertekuk Lutut!

 CNBC Indonesia/Muhammad Sabki Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah menguat drastis dalam perdagangan Rabu (15/11/2023). Dilansir dari Refinitiv, rupiah sempat menguat 1,46% ke posisi Rp15.460/US$.

Penguatan ini melanjutkan tren positif mata uang Garuda yang juga menguat 0,03% pada perdagangan kemarin, Selasa (14/11/2023).


Apa penyebabnya?

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Edi Susianto menjelaskan, penguatan rupiah ditopang oleh kabar baik dari Amerika Serikat (AS). Baru saja diumumkan inflasi AS turun dari 3,7% menjadi 3,2% pada Oktober 2023.

"Paska rilis data inflasi US (CPI yoy) untuk bulan Oktober 2023 sebesar 3,2% yang lebih rendah dari angka bulan sebelumnya sebesar 3,7%, mendorong sentimen bahwa the Fed tidak akan menaikkan FFR," ungkapnya kepada CNBC Indonesia.

Pada Oktober 2023, inflasi AS masih berada di angka 3,7% (yoy) atau jauh di bawah target The Fed di kisaran 2%. The Fed pada akhirnya memilih untuk mempertahankan suku bunga di level 5,25-5,50%.

Edi mengungkapkan, situasi ini juga akan mendorong aliran modal kembali ke negara berkembang. Kini hampir seluruh mata uang global kini menguat terhadap dolar AS.

"Hal tersebut mendorong optimisme (risk on) di pasar keuangan global, hampir semua mata uang EM Asia menguat terhadap USD," ujarnya.

Senada dengan BI, Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk Andry Asmoro menambahkan, masa suku bunga tinggi atau higher for longer di AS bisa berakhir lebih cepat dari yang diperkirakan.

"Dengan data inflasi yang baik ini maka market expect bahwa FFR tidak akan dinaikkan dan terminal rate akan berada di 5,5% dan berharap pemangkasan bunga acuan bisa maju dari perkiraan," kata Andry kepada CNBC Indonesia.

Monday, November 13, 2023

Emiten Tommy Soeharto Beli Kapal Tanker Rp 93 M, Buat Apa?

 dok Humpuss Foto: dok Humpuss

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang bergerak pada segmen transportasi energi dan jasa maritim, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) telah melakukan penambahan armadanya dengan pembelian kapal Oil & Chemical Tanker yang akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap bahan dasar Biodiesel B35, yakni methanol.

HUMI telah merealisasikan pembelian 1 unit Oil & Chemical tanker dari 3 unit yang ditargetkan pada CAPEX 2023. Kapal dengan 8,821 DWT bernilai US$ 6,0 juta atau setara dengan Rp 93 miliar (asumsi kurs Rp 15.000/US$) diserahterimakan di Batam pada hari Rabu, 8 November 2023.


Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat mengatakan, pembelian armada tersebut merupakan salah satu bentuk strategi ekspansi Perseroan dalam memenuhi kebutuhan methanol yang terus meningkat.

Menurutnya, peningkatan permintaan terhadap methanol merupakan dampak dari diperlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 terkait konservasi energi, dimana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran bahan bakar nabati dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35).

Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar nabati, methanol sebagai bahan dasarnya pun ikut meningkat.

"Selain itu, bukan hanya methanol yang menjadi 'driver' sektor kimia atau chemical ini. Berkembangnya industri nikel yang akan meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan caustic soda dan asam sulfat. Caustic soda dan asam sulfat ini sangat dibutuhkan oleh pabrik smelter dan juga pabrik baterai di Indonesia," ujarnya, dikutip Senin (13/11).

Dengan demikian, PT PCS Internasional (PCSI) selaku anak usaha dari HUMI telah memiliki enam unit kapal chemical.

Tirta mengungkapkan, dengan adanya penambahan armada ini, HUMI optimis dapat mencapai peningkatan laba bersih sebesar 20,0% menjadi US$ 13,1 juta untuk 2023.

Ia menyebut sektor bisnis angkutan petrokimia domestik khususnya angkutan methanol telah mencatatkan kinerja positif selama tiga tahun terakhir karena terjadi lonjakan muatan FAME terkait kebijakan pemerintah terhadap penggunaan Biosolar (B30) yang cukup signifikan.

"Di tahun 2023, melalui transformasi organisasi, Perseroan mengutamakan untuk menjaga pertumbuhan Pendapatan secara terkonsolidasi. Namun, melihat tren yang ada saat ini, peningkatan yang sangat signifikan akan diperoleh dari segmen usaha Oil & Chemical, dimana diperkirakan menjadi double dalam 5 tahun yang akan datang," pungkasnya.

Friday, November 10, 2023

Tersangka Korupsi Wamenkumham Eddy Hiariej Punya Harta Rp20 M

 Wamenkumham Eddy Hiariej Resmi Jadi Tersangka Gratifikasi Foto: CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej, sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi.

"Mengenai penetapan tersangka Wamenkumham, benar itu sudah kami tandatangani sekitar 2 minggu lalu," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (9/11/2023).


Kasus ini bermula dari laporan Ketua Indonesia Police Watch, Sugeng Teguh Santoso, kepada KPK. Sugeng melaporkan Eddy Hiariej atas tuduhan menerima gratifikasi sebesar Rp 7 miliar dari pengusaha sekaligus pemilik PT Citra Lampia Mandiri, Helmut Hermawan.

Terlepas dari kasus itu, Eddy Hiariej sebagai pejabat negara berkewajiban untuk mengungkapkan harta kekayaannya dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dari data tersebut, terungkap bahwa total harta kekayaan Eddy Hiariej setelah dikurangi utang Rp 5,44 miliar mencapai Rp 20,69 miliar.

Hartanya terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 23 miliar. Selain properti, Eddy juga memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin, termasuk mobil Honda Odyssey tahun 2014 senilai Rp 314 juta, mobil Mini Cooper 5 Door A/T tahun 2015 senilai Rp 468 jura, dan mobil Jeep Cherokee Limited tahun 2014 senilai Rp 428 juta.

Selanjutnya, ia juga mencantumkan kas dan setara kas senilai Rp 1,93 miliar.

Thursday, November 9, 2023

Wakil Presdir Matahari Department Store (LPPF) Resign

 Dok. Matahari Foto: Dok. Matahari

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mengumumkan Pengunduran diri Wakil Presiden Direktur Independen Perseroan yang merupakan warga negara asing (WNA) dalam keterangan resmi terbaru.

"Pengunduran diri Bapak Terence Donald O'Connor dari jabatannya selaku Wakil Presiden Direktur Independen Perseroan yang akan berlaku efektif per tanggal 31 Desember 2023," ujar Susanto, Sekretaris Perusahaan dikutip sari Keterbukaan Informasi, Kamis, (9/11/2023).

Pengunduran diri ini disebut tidak terdapat dampak yang signifikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Perseroan.

Setelah ini, emiten penjual barang fesyen tersebut berencana mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa sehubungan dengan hal tersebut di atas akan diinformasikan lebih lanjut oleh Perseroan.

Berdasarkan situs resmi, O'Connor merupakan warga negara Inggris, berdomisili di Jakarta. Beliau diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur Independen oleh Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 4 Juni 2020 sesuai Akta Pernyataan Keputusan Rapat No. 13 tanggal 4 Juni 2020.

Ia memperoleh gelar Magister Administrasi Bisnis di bidang Retailing and Wholesaling dari University of Stirling, Inggris, pada tahun 1999 dan pada tahun 2014 meraih Gelar Kehormatan dari University of Stirling sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa untuk bisnis ritel Inggris di Singapura.

O'Connor telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam industri ritel baik di Inggris maupun Asia Tenggara. Memulai kariernya di beberapa jabatan dalam bidang pembelian ritel, kemudian bargabung dengan Colorvision PLC yang berbasis di Liverpool (1986-1993), pernah menjabat sebagai direktur pembelian di Courts, peritel produk listrik, IT dan furnitur terkemuka, sebagai ujung tombak operasi Courts di Asia.

Ia pun diangkat sebagai Managing Director dari Courts Singapore (2000-2007), sebelum menjabat sebagai Regional CEO Courts Asia (2007-2019).

Wednesday, November 8, 2023

Emiten Grup Salim META Mau Delisting, BEI Gembok Perdagangan

 Kemacetan terjadi di sejumlah titik ruas jalan Tol Layang MBZ arah Cikampek. Kemacetan diakibatkan adanya peningkatan volume kendaraan. (AFP via Getty Images/BAY ISMOYO) Foto: (AFP via Getty Images/BAY ISMOYO)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan penghentian Sementara saham PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) atau suspensi karena emiten tersebut berencana untuk melakukan go private dan voluntary delisting.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), suspensi tersebut terhitung sejak sesi I perdagangan efek hari Rabu, 8 November 2023 hingga pengumuman lebih lanjut.

Perseroan menyampaikan rencana untuk melakukan go private dan voluntary delisting kepada bursa setelah memperoleh persetujuan dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPB) yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2023.

"Sehubungan dengan hal tersebut bursa memutuskan untuk melakukan penghentian sementara perdagangan efek perseroan di seluruh pasar terhitung sejak sesi I Perdagangan Efek hari Rabu, 8 November 2023 hingga pengumuman lebih lanjut," tulis manajemen BEI, Rabu (8/11).

BEI meminta kepada pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan khususnya yang berhubungan dengan rencana Perseroan untuk melakukan go private dan voluntary delisting.

Sebagai informasi, emiten infrastruktur grup Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) melaporkan rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas pemilik sebesar Rp156,86 miliar pada kuartal III-2023.

Jumlah ini berbalik dari periode yang sama setahun sebelumnya, di mana perusahaan laba Rp 65,56 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan periode 30 September 2023, emiten yang terafiliasi Grup Salim itu mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan penjualan menjadi Rp 1,42 triliun. Jumlah itu terbang 132,07% dari perolehan setahun sebelumnya sebesar Rp 614,64 miliar.

Pendapatan kali ini ditopang oleh pendapatan usaha dan penjualan META sebesar Rp665,27 miliar, naik dari sebelumnya Rp602,14 miliar pada kuartal III-2022.

Kemudian, pendapatan usaha lainnya tercatat sebesar Rp11,6 miliar pada kuartal III-2023, menyusut dari Rp12,09 miliar pada periode yang sama setahun sebelumnya. Di samping itu, pendapatan konstruksi naik menjadi Rp749,5 miliar dari sebelumnya Rp405,9 miliar.

Seiring dengan meningkatnya kinerja top line perusahaan, jumlah beban langsung dan beban pokok perusahaan membludak menjadi Rp 950,22 miliar pada kuartal III-2023, dari yang setahun sebelumnya sebesar Rp223,51 miliar.

Di samping itu, META juga mencatatkan kenaikan pada beban umum dan administrasi menjadi Rp179 miliar dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Beban keuangan juga tercatat naik menjadi Rp 370,8 miliar.

Jumlah aset META pun tercatat menyusut menjadi Rp11,10 triliun pada kuartal III-2023 dari yang setahun sebelumnya sebesar Rp 11,15 triliun